HASIL
ANGKET RESPON SISWA
DALAM
PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT
No Pertanyaan Angket
|
Banyak Siswa yang Menjawab
|
%
|
Kategori
|
|||
a
|
b
|
c
|
d
|
|||
1
|
30
|
5
|
0
|
0
|
97,14%
|
Sangat Baik
|
2
|
27
|
8
|
0
|
0
|
95,00%
|
Sangat Baik
|
3
|
18
|
16
|
1
|
0
|
87,14%
|
Sangat Baik
|
4
|
13
|
15
|
7
|
0
|
79,29%
|
Sangat Baik
|
5
|
15
|
18
|
2
|
0
|
84,29%
|
Sangat Baik
|
6
|
6
|
22
|
7
|
0
|
74,29%
|
Baik
|
7
|
9
|
18
|
8
|
0
|
75,71%
|
Sangat Baik
|
8
|
9
|
22
|
3
|
1
|
77,86%
|
Sangat Baik
|
9
|
4
|
20
|
7
|
4
|
67,14%
|
Baik
|
10
|
7
|
23
|
5
|
0
|
76,43%
|
Sangat Baik
|
Kesimpulan
:
Berdasarkan persentase hasil angket di atas, dapat diketahui
bahwa respon sebagian besar siswa sangat
baik terhadap pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media powerpoint. Hal tersebut ditunjukkan
dengan 8 butir soal mendapatkan jawaban dengan kategori sangat baik dan 2 butir
soal mendapatkan jawaban dengan kategori baik.
Respon siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis
karangan narasi dengan menerapkan model mind
mapping berbantuan media powerpoint.
Sebagian besar siswa sangat senang selama mengikuti pembelajaran. Siswa tidak
mengalami banyak kesulitan ketika membuat mind
mapping. Media powerpoint yang
digunakan guru dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih memahami
materi yang disampaikan. Selanjutnya, melalui model mind mapping siswa lebih mudah menuangkan ide-ide yang dimilikinya.
Siswa terlihat lebih aktif, tidak bosan, dan berani mengemukakan pendapat.
Melalui model dan media ini siswa juga lebih bersemangat, terlihat dari semua
tugas yang diberikan guru dikerjakan dengan bersungguh-sungguh dan diselesaikan
tepat waktu. Dan hal terpenting dalam pembelajaran ini adalah siswa lebih mudah
menulis karangan narasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media powerpoint.
Semarang,
17 Mei 2014
Peneliti,
Isnaeni
Nur Rahmah
NIM.
1401410386
Tidak ada komentar:
Posting Komentar