Selasa, 20 Mei 2014

Hasil Angket Respon Siswa SD dalam PTK (Keterampilan Tertulis)



HASIL ANGKET RESPON SISWA
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT

No Pertanyaan Angket
Banyak Siswa yang Menjawab
%
Kategori
a
b
c
d
1
30
5
0
0
97,14%
Sangat Baik
2
27
8
0
0
95,00%
Sangat Baik
3
18
16
1
0
87,14%
Sangat Baik
4
13
15
7
0
79,29%
Sangat Baik
5
15
18
2
0
84,29%
Sangat Baik
6
6
22
7
0
74,29%
Baik
7
9
18
8
0
75,71%
Sangat Baik
8
9
22
3
1
77,86%
Sangat Baik
9
4
20
7
4
67,14%
Baik
10
7
23
5
0
76,43%
Sangat Baik

Kesimpulan :
Berdasarkan persentase hasil angket di atas, dapat diketahui bahwa respon sebagian besar  siswa sangat baik terhadap pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media powerpoint. Hal tersebut ditunjukkan dengan 8 butir soal mendapatkan jawaban dengan kategori sangat baik dan 2 butir soal mendapatkan jawaban dengan kategori baik.
Respon siswa sangat baik dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media powerpoint. Sebagian besar siswa sangat senang selama mengikuti pembelajaran. Siswa tidak mengalami banyak kesulitan ketika membuat mind mapping. Media powerpoint yang digunakan guru dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Selanjutnya, melalui model mind mapping siswa lebih mudah menuangkan ide-ide yang dimilikinya. Siswa terlihat lebih aktif, tidak bosan, dan berani mengemukakan pendapat. Melalui model dan media ini siswa juga lebih bersemangat, terlihat dari semua tugas yang diberikan guru dikerjakan dengan bersungguh-sungguh dan diselesaikan tepat waktu. Dan hal terpenting dalam pembelajaran ini adalah siswa lebih mudah menulis karangan narasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media powerpoint.

                                                                                 Semarang, 17 Mei 2014
                                                                                 Peneliti,


                                                                                 Isnaeni Nur Rahmah
                                                                                 NIM. 1401410386

Tidak ada komentar:

Posting Komentar