Sabtu, 10 Mei 2014

Observasi Keterampilan Guru Pembelajaran Matematika SDN Tambakaji 01 semarang



LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN GURU
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Nama Guru                 : Ani Kurniawati, S.Pd
Sekolah                       : SD Negeri Tambakaji 01 Kota Semarang
Kelas                           : IVB
Mata pelajaran             : Matematika
Pokok Bahasan           : Jaring-jaring kubus
Hari/Tanggal               : Sabtu/18 Mei 2013
Petunjuk                      :
1.      Dengan membaca indikator yang terlaksana, bacalah dengan cermat indikator untuk semua aktivitas guru.
2.      Amatilah keterampilan guru, kemudian berilah tanda centang (√) pada kolom yang tersedia mengacu pada kolom kriteria pengamatan.
Kegiatan Prapembelajaran

No.
Indikator
Deskriptor
Kriteria pengamatan
Banyakskor
5
4
3
2
1
1.
Mempersiapkan pembelajaran
a.       Mempersiapkan sumber dan media pembelajaran yang akan digunakan







16
b.      Mempersiapkan rencana pembelajaran




c.       Pengkondisian kelas




d.      Mengecek kesiapan siswa




2.
Membuka pelajaran
a.       Dilakukan awal pembelajaran







12
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran




c.       Mengaitkan materi yang akan diajarkan




d.      Memotivasi siswa




Kegiatan Inti

Materi pembelajaran

3.
Penyampaian Materi
a.       Sesuai dengan tujuan pembelajaran








16
b.      Penguasaan materi pembelajaran




c.       Keleluasaan dan kedalaman penyampaian materi




d.      Penyampaian materi secara sistematis




Penerapan pendekatan kontekstual

Eksplorasi

4.
Mengembangkan pembelajaran yang bermakna (konstruktivisme)
a.       Pembelajaran berkaitan dengan kehidupan sehari-hari









18
b.      Membantu siswa dalam mengintegrasi pengetahuan yang baru




c.       Membimbing siswa dalam menerapkan ide/gagasan




d.      Memberikan kesempatan siswa dalam menerapkan strategi belajar




5.
Memfasilitasi kegiatan penemuan (inkuiri)
a.       Membantu siswa dalam menggali informasi








18
b.      Membantu siswa dalam menemukan masalah




c.       Membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah




d.      Memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan hasil penemuannya




6.
Memberikan pengajuan pertanyaan (bertanya)
a.       Memberikan pertanyaan siswa







19
b.      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya




c.       Terciptanya interaksi yang baik antara guru dengan siswa




d.      Terciptanya interasi yang baik antarsiswa




Elaborasi

7.
Membentuk kelompok belajar (masyarakat belajar)
a.       Membantu dalam pembentukan kelompok








18
b.      Membimbing diskusi kelompok




c.       Siswa terlibat aktif dalam kelompok




d.      Memberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok




8.
Merancang model pembelajaran (permodelan)
a.       Penggunaan media pembelajaran









18
b.      Membimbing dalam menggunakan media pembelajaran




c.       Membimbing mendemonstrasikan hasil kerja individu




d.      Membimbing mendemonstrasikan hasil kerja kelompok




Konfirmasi

9.
Merefleksi kegiatan pembelajaran
a.       Memberikan pemantaban materi yang baru saja diajarkan







16
b.      Memberi soal-soal




c.       Memberikan waktu kepada siswa dalam mengerjakan soal




d.      Membimbing siswa dalam mengerjakan soal




10.
Memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik (penilaian autentik)
a.       Memberikan tes unjuk kerja







14
b.      Memberikan respon terhadap hasil kerja siswa




c.       Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok




d.      Memberikan penguatan (reward)




Kegiatan akhir

11.
Menutup pembelajaran
a.       Membimbing siswa dalam menyimpulkan materi






15
b.      Memberikan lembar evaluasi




c.       Bersama siswa merefleksi kegiatan pembelajaran




d.      Memberikan tindak lanjut





Banyak skor yang diperoleh
180














Keterangan :
Skala penilaian
Kriteria pengamatan

Jumlah skor
Kriteria
5
Sangat baik

190-220
Sangat baik
4
Baik

150-190
Baik
3
Cukup

90-150
Cukup
2
kurang

60-90
kurang
1
Sangat kurang

20-50
Sangat kurang



Observer,




Muin Arifah
NIM. 1401410203

Guru kelas Kelas IVB,




Ani Kurniawati, S.Pd
NIP. 19831105201101 2 006

Mengetahui,
Kepala SD Negeri Tambakaji  01,



Akhmad Turodi, S.Pd
NIP. 19610114 198201 1 005


Pembahasan Hasil Observasi:
Berdasarkan observasi atau pengamatan secara langsung yang telah observer lakukan terhadap kemampuan atau keterampilan guru dalam pembelajaran pada 18 Mei 2013 di SD negeri Tambakaji 01 Kota Semarang diperoleh hasil bahwa keterampilan guru dalam mengajar masuk dalam kriteria baik. Hal ini dilihat dari kemampuan guru mempersiapkan pembelajaran sampai kegiatan menutup pembelajaran, yaitu sudah menggunakan strategi pembelajaran aktif dan media yang konkret. Strategi pembelajaran yang digunakan mampu mengaktifkan siswa sehingga siswa menjadi semangat mengikuti pembelajaran dan transmisi pengetahuan dapat diterima oleh siswa dengan mudah. Selain itu, selama proses pembelajaran guru memberi bimbingan kepada siswa dan menuntunnya mengkonstruksi pengetahuan sendiri.
Sebelum pembelajaran dimulai, guru sudah mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan di kelas. Hal ini terlihat dengan RPP yang dibuat dan media belajar berupa kubus serta kesiapan siswa membawa peralatan seperti gunting, penggaris, dan lem untuk membuat kubus sesuai jarring-jaring kubus yang benar. Kegiatan awal pemebalajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran secara langsung dan tidak memberikan motivasi kepada siswa.
Selama proses pembelajaran berlangsung, guru berusaha menjalin interaksi terbuka dengan siswa agar terjalin komunikasi aktif dan siswa tidak malu untuk mengemukakan pendapat atau bertanya.  Guru menggunakan media kubus dari karton dan memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan tentang kubus. Selanjutnya, siswa menggunting kubus tersebut untuk mengetahui bentuk jarring-jaring kubus. Dalam menjelaskan dan mendemonstrasikan kubus menjadi sebuah jarring-jaring atau sebaliknya, guru melibatkan siswa secara aktif. Melalui demonstrasi ini, siswa dapat memahami secara nyata bagaimana jarring-jaring itu membentuk kubus atau sebaliknya. Dari kegiatan ini, peran guru adalah membimbing siswa menemukan ide/gagasan, menggali informasi, dan membantu siswa dalam mengintegrasikan pengetahuan baru dengan cara yang mudah dipahami siswa.
Setiap kegiatan yang dilakukan siswa telah mendapat umpan balik dari guru. Guru member kesempatan hasil kerja siswa untuk didemonstrasikan. Dalam menyimpulkan materi, guru tidak melibatkan siswa secara penuh. Lembar evaluasi diberikan kepada siswa untuk dikerjakan secara individu. Sebelum kegiatan usai, guru telah memberi PR kepada siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar