Prakata
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah Ta’ala, berkat rahmat dan hidayah-Nya maka buku Bahasa ndonesia
Kelas V SD ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Buku Bahasa Indonesia ini disusun
berdasarkan KTSP Standar Isi 2006 yang berorientasi pada hasil belajar dan
keberagaman. Buku ini ditulis dengan tujuan agar siswa dapat menguasai Bahasa
Indonesia dengan baik, maka diperlukan buku ajar yang baik pula. Melalui buku
ini, kami menyajikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih menarik dan mudah
dipahami oleh siswa. Buku ini mengacu pada empat aspek penunjang kebahasaan,
yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Sesuai dengan tingkat usia
siswa sekolah dasar, buku ini dilengkapi juga dengan ilustrasi yang menarik.
Terselesaikannya penulisan buku ini
juga tidak terlepas dari bantuan beberapa pihak. Kami mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu memberi masukan baik materi dan penyajian
dalam penyusunan buku ini.
Kami
menyadari bahwa pada buku ini masih terdapat kekurangan. Kami senantiasa mengharapkan
kritik dan saran membangun untuk perbaikan buku ini. Semoga buku ini dapat
menjadi sahabat siswa dalam belajar.
Bogor,
November 2010
Penulis
Petunjuk Penggunaan
Buku
1.
Nomor
bab
2.
Judul
bab, nama materi yang mencakup seluruh isi bab.
3.
Gambar
pembuka bab, gambar yang mewakili salah satu materi yang dipelajari pada bab
tersebut.
4.
|
|
|
5.
Sub
bab, materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar
6.
Materi
pembelajaran, disajikan secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami.
7.
Gambar
dan ilustrasi disajikan untuk membantu memahami materi yang sedang
dipelajari.
|
8.
Kebahasaan,
menyajikan informasi yang berkaitan dengan penggunaan ejaan yang benar.
9.
Refleksi,
berisi pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahamanmu pada setiap bab.
10. Ringkasan, untuk memahami inti
pembahasan setiap bab.
11. Evaluasi, soal-soal untuk
mengukur kemampuanmu mengenai materi yang telah dipelajari pada setiap bab.
|
|
||||||||||
|
12. Uji kompetensi, soal-soal yang
disajikan untuk menguji pemahamanmu terhadap materi pelajaran pada setiap
semester.
13. Glosarium, daftar istilah penting
dalam teks disertai dengan penjelasan arti istilah tersebut yang ditulis
alfabetis.
14. Indeks, kata yang terdapat di
dalam buku dan memberikan informasi mengenai halaman tempat kata tersebut
disajikan.
|
||||||||||
UNDANG-UNDANG
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR
19 TAHUN 2002
TENTANG
HAK CIPTA
PASAL
72
KETENTUAN
PIDANA
SANKSI
PELANGGARAN
1. Barangsiapa
dengan siapa dan tanpa hak mengumumkan atau memperbanyak suatu Ciptaan atau
memberikan izin untuk itu, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1
(satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah),
atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barangsiapa
dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual
kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak
Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana penjara
paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp500.000.000,00
(lima ratus juta rupiah).
|
Glosarium
A
Agar-agar
Aksi
Aktivis
Akuarium
Alasan
Amanat
B
Bangkrut
Bercocok
tanam
Berbaring
Berkat
Biota
C
Cermat
Cita-cita
D
Dam
Dampak
Deklarasi
Diskon
Donator
Donor
E
Eceran
Ekologi
Ekosistem
Estetis
F
Fosil
Fatal
G
Gambut
Gerbong
Grosir
H
Hiburan
I
Informasi
K
Kamp
Kanal
Kapal
Kerang
kesemrawutan
Klakson
Komunitas
Konotasi
Krisis
Kubah
Kulit
kayu
L
Lepas
pantai
Lorong
M
Menyalip
Menyemai
Menyilangkan
Moneter
Musim
Mutiara
N
Narasumber
O
Ornamen
Otomatis
P
Pahlawan
Pamrih
Patut
Pedagang
Pemanasan
Pemandu
Penat
Pendapat
Perdagangan
Pesangon
Piket
Plankton
Prestasi
Pukat
harimau
Pupuk
Purnama
R
Raksasa
Rambu-rambu
Rentan
Restorasi
Rima
S
Saran
Saudagar
Simpatik
Stan
Stasiun
Swalayan
T
Takjub
Taktik
Tempayan
Terpaku
Tertera
Tiket
Tradisional
Transaksi
W
Wahana
Warga
Watak
Wisatawan
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
ganggang laut yang dapat
dimakan
tindakan
orang yang bekerja
aktif mendorong pelaksanaan dalam organisasinya
bak
kaca tempat memelihara ikan hias
dasar;
hakikat; bukti untuk menguatkan pendapat
pesan;
perintah
menderita
kerugian besar
mengusahakan
sawah ladang
meletakkan
badan dengan pumggung atau sisi badan di sebelah bawah
karena
keseluruhan
tumbuhan dan hewan yang terdapat dalam satu daerah
penuh
minat (perhatian); saksama; teliti
keinginan
yang selalu ada dalam pikiran
bendungan
pengaruh
kuat yang mendatangkan akibat (baik negative maupun positif)
pernyataan
ringkas dan jelas tentang suatu hal
potongan
harga
orang
yang secara tetap memberikan sumbangan yang berupa uang
penderma;
pemberi sumbangan; penderma darah
secara
satu-satu; sedikit-sedikit
hubungan
timbal balik antara makhluk hidup dan alam sekitarnya
keanekaragaman
suatu komunitas dan lingkungannya
indah
sisa
tulang-tulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yang telah
membatu
dan tertanam di bawah lapisan tanah
mematikan;
tidak dapat diubah atau diperbaiki lagi; celaka
tanah
lunak dan basah, terdiri dari lumut dan bahan lain yang membusuk
gerobak
kereta api (untuk orang atau barang)
pedagang
yang menjual barang dalam jumlah besar
sesuatu
yang dapat menghibur hati atau melupakan kesedihan
penerangan;
keterangan; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu
tenda
yang didirikan di alam terbuka sebagai tempat pengasingan
terusan;
saluran
kapal
perang yang dapat menyelam di laut
binatang
lunak hidup di air (laut)
keadaan
tidak teratur
alat
(berupa terompet) yang dibunyikan dengan listrik pada mobil atau kendaraan
bermotor lainnya, digunakan sebagai peringatan
kelompok
organisme yang hidup di dalam daerah tertentu
tautan
pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan dengan
sebuah kata
keadaan
suram tentang ekonomi
atap
yang melengkung merupakan setengah bulatan
lapisan
luar batang pohon yang sering dipakai untuk membuat pakaian dan perabot rumah
tangga
daerah
perairan antara batas darat dan laut lepas
jalan
kecil
mendahului
(dalam perjalanan)
menanam
biji-bijian untuk menghasilkan bibit tanaman untuk ditanam lagi
membibit
secara silang (tentang tumbuh-tumbuhan)
berhubungan
dengan uang atau keuangan
waktu
tertentu yang berhubungan dengan iklim
permata
berbentuk bulat dan keras, berasal dari kulit kerang mutiara, yang terbentuk
karena ada benda atau pasir yang masuk ke dalam tubuh kerang
orang
yang memberi informasi; informan
hiasan
dalam arsitektur; kerajinan tangan, dan sebagainya
dengan
bekerja sendiri
orang
yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran;
berjuang yang gagah berani
maksud
yang tersembunyi dalam memenuhi keinginan untuk memperoleh keuntungan pribadi
baik
orang
yang mencari nafkah dengan berdagang
proses,
cara, perbuatan memanasi atau memanaskan
penunjuk
jalan
merasa
letih setelah bekerja keras
pikiran;
anggapan
urusan
dagang
Uang
yang dibayar perusahaan kepada karyawan yang diberhentikan
kelompok
regu yang melaksanakan tugas
organismee
laut yang sangat halus, melayang di dalam air laut
hasil
yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan)
jaring
yang sangat besar yang digerakkan oleh mesin sehingga dapat menangkap ikan
secara besar-besaran
penyubur
tanaman
saat
bulan bundar benar
makhluk
yang menyerupai manusia, konon berbadan tinggi besar
tanda
atau petunjuk yang ditempatkan di tempat-tempat tertentu untuk menghindari
kecelakaan
mudah
pengembalian
atau pemulihan kepada keadaan semula
pengulangan
bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak
yang berdekatan
pendapat
yang dikemukakan untuk dipertimbangkan
orang
yang memperdagangkan sesuatu dalam jumlah besar
amat
menarik hati
tempat
memamerkan (menjual) produk
tempat
menunggu bagi calon penumpang kereta api
pelayanan
sendiri oleh pembeli
kagum;
heran
rencana
untuk tindakan yang bersistem untuk mencapai tujuan
tempat
air yang besar, dibuat dari tanah liat, perutnya besar, mulutnya sempit
(dipakai untuk menyimpan beras dan sebagainya)
diam
di tempat; tidak sempat bereaksi
tercantum;
termuat
karcis
kapal, pesawat terbang, dan sebagainya
sikap
dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang pada norma dan adat
kebiasaan yang ada secara turun temurun
persetujuan
jual beli (dalam perdagangan) antara dua pihak
kendaraan;
alat pengangkut
anggota
(keluarga, perkumpulan, dan sebagainya)
sifat
batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku
orang
yang berwisata; turis
|
Indeks
Alur 50, 133
Amanat
50, 133, 117
Buku
91, 151
Cerita
48, 66, 151, 84, 116, 120, 132, 148
Deklamasi
71
Dialog
22, 72, 134
Drama
102, 118
Factual
88, 135
Fiksi
48
Gagasan
54
Informasi
2, 32, 104
Intonasi
8, 37
Kalimat
58
Karangan
10, 38
Lafal
8, 37
Laporan
123
Latar
117
Mengomentari
86, 135
Meringkas
91, 153
Narasumber
2, 18, 34, 50
|
Pendapat
6, 88
Pengalaman
10, 38
Pengamatan
20, 122
Peristiwa
20, 149
Persoalan
5, 86, 135
Pesan
85
Puisi
21, 71, 107, 139
Saran
6
Surat
56
Tanggapan
5, 18, 33, 149
Teks
22, 88, 136
Tema
10, 110
Tokoh
50, 68, 85, 100, 102, 133
Watak
50, 68, 85, 100
Wawancara
34, 50
Wawasan
153
|
Peta Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.1 Menanggapi
penjelasan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahasa
|
Mendengarkan
penjelasan
|
1.
Mencatat
penjelasan dari narasumber.
2.
Menjelaskan
informasi dengan bahasa yang santun.
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta
secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
|
2.1 Menanggapi
suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
|
Menanggapi suatu
persoalan
|
1.
Menulis
tanggapan yang tepat dari suatu persoalan.
2.
Mengemukakan
saran dengan kata-kata yang sopan.
|
Membaca
3.
Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.1 Membaca
teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Membaca teks
percakapan
|
1.
Membaca
teks percakapan.
2.
Menulis
teks percakapan singkat.
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan
|
Menulis karangan
|
1.
Menulis
karangan berdasarkan pengalaman.
2.
Memberi
contoh karangan berdasarkan pengalaman.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan santun berbahasa
|
Menanggapi penjelasan narasumber
|
1. Menentukan
tanggapan dari penjelasan narasumber.
2. Menjelaskan pokok-pokok dalam cerita.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta
secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
2.2
Menceritakan hasil
pengamatan/kunjungan dengan bahasa
runtut, baik, dan benar
|
Menceritakan hasil pengamatan
|
1. Melakukan
pengamatan di lingkungan sekitar.
2. Menceritakan
hasil pengamatan dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.3
Membaca puisi dengan lafal dan
intonasi yang tepat
|
Membaca puisi
|
1. Membaca
puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Memberi
contoh sebuah puisi dari koran atau majalah.
|
Menulis
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.3 Menulis
dialog sederhana antara dua atau tiga
tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
|
Menulis dialog
|
1. Menjelaskan
aturan menulis teks dialog.
2. Membaca
teks dialog.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan santun berbahasa
|
Menanggapi penjelasan narasumber
|
1. Menjelaskan
informasi dari narasumber.
2. Membaca
dialog dengan seorang narasumber.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta
secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
|
2.3
Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Melakukan wawancara dengan narasumber
|
1. Melakukan
wawancara dengan narasumber.
2. Membaca
wawancara yang telah dilakukan seseorang.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.1
Membaca teks percakapan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Membaca teks percakapan
|
1. Melakukan
percakapan sesuai lafal dan intonasi.
2. Membaca
kalimat dengan lafal dan intonasi yang benar.
|
Menulis
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.1 Menulis
karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
|
Menulis karangan
|
1. Menulis
pengalaman yang menyenangkan.
2. Menyusun
gambar sesuai urutan cerita.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat
yang didengarnya
|
mendengarkan cerita rakyat
|
1. Membaca
cerita rekaan (fiksi).
2. Mengidentifikasi
unsur cerita yang berupa isi dan amanat cerita.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara
lisan dengan menanggapi suatu persoalan,
menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
2.3
Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Melakukan wawancara dengan narasumber
|
1. Melaksanakan
wawancara sederhana dengan narasumber.
2. Menyusun
daftar pertanyaan kepada narasumber yang memiliki pekerjaan tertentu.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per
menit
|
Menentukan gagasan utama suatu teks
|
1. Menemukan
gagasan utama suatu teks.
2. Menghitung
waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks.
|
Menulis
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.2 Menulis
surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas,
dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Menulis surat undangan
|
1. Menjelaskan
pengertian surat.
2. Menyebutkan
bagian-bagian surat.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita
rakyat secara lisan
|
1.2
Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
|
Menjelaskan unsure cerita rakyat
|
1. Membaca
cerita rakyat.
2. Mengidentifikasi
unsur cerita yang berupa watak tokoh.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta
secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau
berwawancara
|
2.2
Menceritakan hasil
pengamatan/kunjungan dengan bahasa
runtut, baik, dan benar
|
Menceritakan hasil kunjungan
|
1. Menceritakan
hasil kunjungan di tempat yang menarik.
2. Mencatat
pokok-pokok dari cerita hasil kunjungan orang lain.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.3
Membaca puisi dengan lafal dan
intonasi yang tepat
|
Membaca puisi
|
1. Melakukan
deklamasi dari puisi yang dibaca.
2. Mengidentifikasi
isi puisi.
|
Menulis
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.3 Menulis
dialog sederhana antara dua atau tiga
tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
|
Menulis dialog
|
1. Menjelaskan
petunjuk menulis dialog.
2. Melakukan
percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.1
Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan
|
Menanggapi cerita
|
1. Menjelaskan
pengertian menanggapi.
2. Memberi
contoh cara menanggapi suatu peristiwa.
|
Berbicara
6. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1
Mengomentari persoalan faktual
disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
|
Mengomentari persoalan
|
1. Menjelaskan
komentar suatu persoalan.
2. Membaca
persoalan factual dengan saksama.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1
Membandingkan isi dua teks yang
dibaca dengan membaca sekilas
|
Membandingkan isi dua teks
|
1. Menjelaskan
definisi dari teks.
2. Membandingkan
isi dari dua teks.
|
Menulis
3. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk
ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.1
Meringkas isi buku yang dipilih
sendiri dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
Meringkas isi buku
|
1. Meringkas
isi buku.
2. Memberi
contoh ringkasan sebuah buku.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar, amanat)
|
Menjelaskan unsure cerita
|
1. Menjelaskan
tokoh dan tema cerita.
2. Menulis
kalimat yang menyatakan watak tokoh
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat
|
Memerankan tokoh drama
|
1. Menjelaskan
pengertian drama.
2. Manampilkan
peran dalam tokoh drama.
|
Membaca
4. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai
teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara,
daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
|
Membaca memindai
|
1. Menemukan
informasi dalam jadwal.
2. Membaca
memindai dari suatu teks.
|
Menulis
5. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan, dan puisi bebas
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
|
Menulis puisi
|
1. Menjelaskan
pengertian puisi bebas.
2. Menulis
puisi bebas.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar,
amanat)
|
Mendengarkan cerita
|
1. Menjelaskan
unsur cerita berupa latar dan amanat.
2. Menemukan
unsur cerita dari teks yang dibaca.
|
Berbicara
6. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat
|
Bermain drama
|
1. Menjelaskan
unsur penting dari drama.
2. Menampilkan
peran berdasarkan teks drama.
|
Membaca
7. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.3
Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
Membaca dan menyimpulkan isi cerita
|
1. Mencatat
pokok-pokok isi cerita.
2. Menyimpulkan
isi cerita.
|
Menulis
1. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan, dan puisi bebas
|
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan
berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
Menulis laporan pengamatan
|
1. Menyusun
daftar pertanyaan untuk melakukan pengamatan.
2. Menulis
laporan pengamatan sesuai sistematika.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar,
amanat)
|
Menjelaskan unsure cerita
|
1. Mengidentifikasi
alur dan amanat cerita.
2. Menulis
unsur cerita.
|
Berbicara
6. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1
Mengomentari persoalan faktual
disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
|
Mengomentari persoalan
|
1. Menulis
komentar dari persoalan factual disertai alasan.
2. Mengemukakan
komentar dari teks percakapan.
|
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca
sekilas
|
Membandingkan isi dua teks
|
1. Menulis
gagasan pada tiap paragraph.
2. Membedakan
dan menyamakan isi dari dua teks bacaan.
|
Menulis
7. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan, dan puisi bebas
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
|
Menulis puisi
|
1. Menulis
puisi bebas berdasarkan pengalaman.
2. Menyimpulkan
isis puisi bebas.
|
Peta
Konsep
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Mendengarkan
8. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
|
Menanggapi cerita tentang peristiwa
|
1. Membaca
teks bacaan tentang peristiwa di lingkungan sekitar.
2. Mengemukakan
tanggapan dari suatu peristiwa.
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1
Mengomentari persoalan faktual
disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
|
Mengomentari suatu persoalan
|
1. Melakukan
pengamatan terhadap peristiwa atau kejadian.
2. Menulis
saran disertai alasan berdasarkan teks bacaan.
|
Membaca
4. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.3
Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
Membaca dan menyimpulkan isi cerita
|
1. Membaca
teks bacaan dalam hati.
2. Menyimpulkan
cerita dengan beberapa kalimat.
|
Menulis
3. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan, dan puisi bebas
|
8.1
Meringkas isi buku yang dipilih
sendiri dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
Menulis ringkasan buku
|
1. Menjelaskan
tahapan meringkas buku.
2. Meringkas
buku pengetahuan dengan kata-kata sendiri.
|
Setelah
mempelajari sub bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat mencatat penjelasan dari narasumber.
2. Siswa
dapat menjelaskan informasi dengan bahasa yang santun.
|
Setelah
mempelajari sub bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis tanggapan yang tepat dari suatu persoalan.
2. Siswa
dapat mengemukakan saran dengan kata-kata yang sopan.
|
Setelah
mempelajari sub bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca teks percakapan.
2. Siswa
dapat menulis teks percakapan singkat.
|
Setelah
mempelajari sub bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2. Siswa
dapat memberi contoh karangan berdasarkan pengalaman.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menentukan tanggapan dari penjelasan narasumber.
2. Siswa
dapat menjelaskan pokok-pokok dalam cerita.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melakukan pengamatan di lingkungan sekitar.
2. Siswa
dapat menceritakan hasil pengamatan dengan kalimat yang jelas dan mudah
dipahami.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Siswa
dapat memberi contoh sebuah puisi dari koran atau majalah.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan aturan menulis teks dialog
2. Siswa
dapat membaca teks dialog.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan informasi dari narasumber.
2. Siswa
dapat membaca dialog dengan seorang narasumber.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melakukan wawancara dengan narasumber.
2. Siswa
dapat membaca wawancara yang telah dilakukan seseorang.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melakukan percakapan sesuai lafal dan intonasi.
2. Siswa
dapat membaca kalimat dengan lafal dan intonasi yang benar.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis pengalaman yang menyenangkan.
2. Siswa
dapat menyusun gambar sesuai urutan cerita.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca cerita rekaan (fiksi).
2. Siswa
dapat mengidentifikasi unsur cerita yang berupa isi dan amanat cerita.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melaksanakan wawancara sederhana dengan narasumber.
2. Siswa
dapat menyusun daftar pertanyaan kepada narasumber yang memiliki pekerjaan
tertentu.
|
Setelah mempelajari sub bab ini,
diharapkan:
1. Siswa
dapat menemukan gagasan utama suatu teks.
2. Siswa
dapat menghitung waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian surat.
2. Siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca cerita rakyat.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi unsur cerita yang berupa watak tokoh.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menceritakan hasil kunjungan di tempat yang menarik.
2. Siswa
dapat mencatat pokok-pokok dari cerita hasil kunjungan orang lain.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melakukan deklamasi dari puisi yang dibaca.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi isi puisi.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan petunjuk menulis dialog.
2. Siswa
dapat melakukan percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian menanggapi.
2. Siswa
dapat memberi contoh cara menanggapi suatu peristiwa.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan komentar suatu persoalan.
2. Siswa
dapat membaca persoalan factual dengan saksama.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan definisi dari teks.
2. Siswa
dapat membandingkan isi dari dua teks.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat meringkas isi buku.
2. Siswa
dapat memberi contoh ringkasan sebuah buku.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan tokoh dan tema cerita.
2. Siswa
dapat menulis kalimat yang menyatakan watak tokoh.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian drama.
2. Siswa
dapat manampilkan peran dalam tokoh drama.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menemukan informasi dalam jadwal.
2. Siswa
dapat membaca memindai dari suatu teks.
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian puisi bebas.
2. Siswa
dapat menulis puisi bebas.
|
1. Siswa
dapat menemukan gagasan utama suatu teks.
2. Siswa
dapat menghitung waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan unsur cerita berupa latar dan amanat.
2. Siswa
dapat menemukan unsur cerita dari teks yang dibaca.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan unsur penting dari drama.
2. Siswa
dapat menampilkan peran berdasarkan teks drama.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat mencatat pokok-pokok isi cerita.
2. Siswa
dapat menyimpulkan isi cerita.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menyusun daftar pertanyaan untuk melakukan pengamatan.
2. Siswa
dapat menulis laporan pengamatan sesuai sistematika.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat mengidentifikasi alur dan amanat cerita.
2. Siswa
dapat menulis unsur cerita.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis komentar dari persoalan factual disertai alasan.
2. Siswa
dapat mengemukakan komentar dari teks percakapan.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis gagasan pada tiap paragraph.
2. Siswa
dapat membedakan dan menyamakan isi dari dua teks bacaan.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menulis puisi bebas berdasarkan pengalaman.
2. Siswa
dapat menyimpulkan isi puisi bebas.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca teks bacaan tentang peristiwa di lingkungan sekitar.
2. Siswa
dapat mengemukakan tanggapan dari suatu peristiwa.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat melakukan pengamatan terhadap peristiwa atau kejadian.
2. Siswa
dapat menulis saran disertai alasan berdasarkan teks bacaan.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat membaca teks bacaan dalam hati.
2. Siswa
dapat menyimpulkan cerita dengan beberapa kalimat.
|
Setelah mempelajari sub
bab ini, diharapkan:
1. Siswa
dapat menjelaskan tahapan meringkas buku.
2. Siswa
dapat meringkas buku pengetahuan dengan kata-kata sendiri.
|
BAHASA INDONESIA
KELAS V SD
Buku
Bahasa Indonesia kelas V SD ini disusun berdasarkan Standar Isi 2006 yang berorientasi
pada hakikat pembelajaran bahasa. Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi.
Belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-niolai
kemanusiaannya. Oleh sebab itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia secara
lisan dan tertulis serta menimbulkan penghargaan terhadap hasil cipta manusia
Indonesia. Aspek yang ditekankan pada buku ini adalah aspek mendengarkan,
berbicara, membaca, dan menulis sesuai kaidah Bahasa Indonesia serta
mengapresiasi karya sastra.
Buku
ini disajikan dengan fitur-fitur sebagai berikut:
1.
Mendengarkan
adalah sarana membina siswa untuk mendengarkan apa yang diceritakan atau
diungkapkan oleh guru atau siswa sendiri.
2.
Berbicara
adalah sarana untuk membina siswa untuk bercakap-cakap/berbicara dan memadukannya
dengan aspek membaca dan mendengarkan.
3.
Membaca
adalah kegiatan yang hendak memberikan informasi kepada siswa dalam bentuk
membaca lancar, membaca intensif, membaca memindai, dan lain-lain.
4.
Menulis
adalah kegiatan melatih kreativitas siswa dan daya nalar siswa melalui tulisan.
5.
Kebahasaan
menyajikan informasi yang berkaitan dengan penggunaan ejaan yang benar.
6.
Ringkasan
materi untuk memahami inti pembahasan setiap bab.
7.
Refleksi
berisi pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahamanmu pada setiap bab.
8.
Evaluasi
berisi soal-soal untuk mengukur kemampuanmu mengenai materi yang telah dipelajari
pada setiap bab.
9.
Uji
kompetensi berisi soal-soal yang disajikan untuk menguji pemahamanmu terhadap
materi pelajaran pada setiap semester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar