Selasa, 25 Februari 2014

Interaksi sosial



F. Interaksi Sosial
Interaksi sosial yang ada di SD Negeri Karangayu 02Kota Semarang merupakan hubungan sosial yang terjalin antara seluruh warga sekolah di SD Negeri Karangayu 02Kota Semarang. Interaksi sosial di SD Negeri Karangayu 02Kota Semarang berupa interaksi antar sesama guru, interaksi antara guru dengan siswa,interaksi antara siswa dengan siswa, interaksi sosialsecarakeseluruhan.
1.      Hubungan guru dengan guru
Hubungan guru dengan guru harus menunjukkan keharmonisan baikdiluar maupun didalam sekolah.Hubungan guru dengan guru yang ada di SD negeri Karangayu 02 secara keseluruhan sudah sangat baik karena antaraseorang guru dengan yang lain selalu saling memberi dan menerima saran dankritik yang disampaikan demi tercapai tujuan yang akan datang pendidikansesuai dengan yang diharapkan. Keharmonisanantara guru akan menimbulkansuasanakedamaian yang menyenangkan.Semua guru di sekolah ini salingbekerjasama untuk menciptakanpembelajaran yang berkualitas.
Hubungan sosial/interaksi sosial yang terjadi secara keseluruhan di SD NegeriKarangayu 02 Kota Semarang sudahterjalindenganbaik. Interaksisosialantarakepalasekolahdenganpara guru dapatdilihatpadasaatjikamerekasalingberpapasan, seorang guru menyapadanberjabattangandengankepalasekolah.Merekajugasempatbercandatanpamengurangi rasa ta’dzim.Padasaatpenyambutanmahasiswa PPL padahari Selasa tanggal 30 Juli 2013, kepalasekolahbersama-samadenganpara guru menyambutmahasiswa PPL denganramahtamah.
Interaksisosialantarapara guru dapatterlihatjugapadasaatsalahseorang guru berpapasandengan guru yang lain. Merekasalingmenyapa, berjabattangansatusama lain danjikaadasalahseorang guru mendapatkesulitandalammengajar, merekatidaksungkanuntukbertanyadengan guru yang lain
2.      Hubungan guru dengansiswa
Hubungan guru dengansiswa di dalam proses belajar mengajarmerupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran.Guru dapat dikatakan orang tua siswa di sekolah dan merupakan orang tuakedua setelah orang tua siswa di dalam keluarga sehingga seorang guru harusmemiliki kedekatan dengan peserta didik. Hubungan baik guru dengan siswaatau peserta didik ini dapat mendorong siswa untuk rajin belajar.Hubungan guru dengan siswa di SD Negeri Karangayu 02sangat akrab,guru pun selalu terbuka dalam menerima keluhan setiap siswa, begitu jugadengan siswa tidak segan-segannya untuk melaporkan setiap keluhan danhambatan kepada gurunya. Sehingga mereka telah menganggap gurulahpenganti orang tuanya di sekolah. Hal inimembuat proses belajarmengajarmenjadisesuatu yang mendorongmerekauntuktetapsemangatdalambelajar,sehinggaantara guru dengansiswasebagaimitra yang selalumenumbuhkankeinginanuntukbelajar.
Interaksi sosial yang terjalin antara para guru dengan siswa juga terjalin dengan baik. Para guru berusaha mengakrabkan dirinya dengan para siswa agar dapat mengetahui karakter dari masing-masing siswa tersebut. Apabila ada seorang siswa mendapat kesulitan dalam belajar seorang guru akan membantu menyelesaikan kesulitan yang dihadapi. Dalam hal ini seorang guru juga berperan sebagai konselor yang membantu mengatasi masalah yang dihadapi siswa baik yang berhubungan dengan pelajaran atau diluar pelajaran.
3.      Hubungansiswadengansiswa
Hubungansiswadengansiswa disekolahterlihatdalaminteraksiketikadidalamkelasdan ketika bermainpada jam istirahat.Terkadang persoalanbermain antarasiswaketika diluarkelasterbawa didalamkelasdandapatmempengaruhi proses belajar mengajar.Hubungan siswa dengan siswa yang ada di SD Negeri Karangayu 02 masih ada yang kurang harmonis, karena masih banyak siswa yang berkelahiantara siswa yang satu dengan yang lain. Namun, secara umum hubunganantara siswa yang satu dan yang lain terlihat cukup baik. Ketika istirahatsiswa-siswabermainbersama.Saling membantu jika ada teman yang sedang sakit. Selain itu,interaksi antara siswa dengan siswajuga terlihat ketika pembelajaran di kelas.Mereka saling membantu satu samalain ketika diskusi kelompok dan ketika ada siswa yang mengalami kesulitandalam belajar.
4.      Hubungansosialsecarakeseluruhan
Hubungan sosial keseluruhan di SD Negeri Karangayu 02 sudahberjalan dengan baik karena tampaknya hubungan tersebut dilandasi oleh rasapersaudaraan dan penghargaan yng tinggi, dimana suasana seperti inidiharapkan dapat terus berjalan lancar sampai tahun-tahun selanjutnya yangtentunya akan menambah harum nama SD Negeri Karangayu 02.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar