Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema :
Rumahku
Kelas/Semester :
II / 1
Alokasi Waktu :
3 x 35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
PKN
1.
Membiasakan hidup bergotong royong.
BAHASA
INDONESIA
Membaca
2. Memahami teks pendek dengan membaca lancar
dan membaca puisi anak.
IPS
1.
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
MATEMATIKA
Geometri dan
Pengukuran
2.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah.
II.
KOMPETENSI
DASAR
PKN
1.1 Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
BAHASA INDONESIA
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa.
IPS
1.1 Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita.
MATEMATIKA
Geometri dan
Pengukuran
2.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda.
III.
INDIKATOR
PKN
1.
Siswa dapat mengenal cara bersikap hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Siswa dapat menerapkan cara bersikap hidup rukun,
saling berbagi, dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
BAHASA INDONESIA
3.
Siswa dapat mengetahui berbagai macam kata tanya.
4.
Siswa dapat menggunakan berbagai macam kata tanya
dengan tepat dan santun berbahasa dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
5.
Siswa dapat mengenal berbagai dokumen dan benda penting
keluarga.
6.
Siswa dapat mengetahui cara merawat dokumen dan benda
penting keluarga.
7.
Siswa dapat menggunakan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita.
MATEMATIKA
Geometri dan
Pengukuran
8.
Siswa dapat mengenal satuan pengukuran berat yang
sering digunakan.
9.
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan berat benda.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui tanya jawab
siswa dapat mengenal cara bersikap hidup rukun, saling berbagi, dan
tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Melalui diskusi siswa dapat menerapkan cara bersikap
hidup rukun, saling berbagi, dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat mengetahui berbagai
macam kata tanya.
4.
Melalui tanya jawab siswa dapat menggunakan berbagai
macam kata tanya dengan tepat dan santun berbahasa dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Melalui tanya jawab siswa dapat mengenal berbagai
dokumen dan benda penting keluarga.
6.
Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui cara
merawat dokumen dan benda penting keluarga.
7.
Melalui tanya jawab siswa dapat mengenal satuan
pengukuran berat yang sering digunakan.
8.
Melalui penjelasan
guru siswa dapat membandingkan berat benda satu dengan benda yang lain.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Hidup rukun, saling berbagi dan gotong royong
2.
Santun berbahasa
3.
Dokumen keluarga
4.
Berat benda
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
Tanya
jawab, ceramah, diskusi, kooperatif (TPS {Team Pair & Share})
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Pra Kegiatan
a.
Salam
b.
Do’a
c.
Presensi
2.
Kegiatan Awal
a.
Apersepsi (mengingat kembali pelajaran yang lalu)
b.
Menyanyikan lagu “satu, dua, tiga”
Satu-satu
aku sayang ibu
Dua-dua
juga sayang ayah
Tiga-tiga
sayang adik kakak
Satu
dua tiga sayang semuanya
Guru bertanya:
1)
Siapa saja yang ada di lagu tadi?
2)
Bagaimana sikap kita pada keluarga di rumah?
c.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
3.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Guru memberi pertanyaan:
·
Di rumah kalian ada siapa saja?
·
Apa sikap yang harus yang harus dimiliki agar di
rumah terasa menyenangkan?
·
Apakah tugas kalian dirumah?
·
Apakah kalian pernah membantu ibu berbelanja?
·
Bagaimana cara kita berbicara terhadap orang
lain?
2)
Siswa yang
ditunjuk menjawab pertanyaan guru.
b.
Elaborasi
1)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong. Dan menjawab secara aktif pertanyaan dari
guru.
2)
Guru membagi kelompok dengan 2 anak tiap kelompok
(teman sebangku)
3)
Siswa mendiskusikan tentang hidup rukun dan tolong
menolong dengan teman satu bangku sesuai dengan perintah dan lembar kerja siswa.
4)
Kemudian siswa ditunjuk untuk memaparkan hasil
diskusinya.
5)
Siswa secara aktif menjawab pertanyaan guru mengenai
satuan pengukuran berat yang sering digunakan.
6)
Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai masalah yang
berkaitan dengan berat benda dan penyelesaiannya.
7)
Siswa bersama teman satu bangku bekerja sama untuk
menyelesaikan soal latihan yang diberikan oleh guru.
8)
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai berbagai
dokumen dan benda penting keluarga.
9)
Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai dokumen dan benda penting keluarga serta
cara merawatnya.
10) Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang macam-macam kata tanya.
11) Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang penggunaan kata tanya dengan santun.
c.
Konfirmasi
1)
Guru dan
siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajar.
2)
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya
tentang materi yang belum dipahami.
3) Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
4) Guru
memberikan evaluasi.
5)
Guru memberikan penghargaan kepada siswa.
4.
Penutup
a.
Guru memberikan PR kepada siswa sebagai tugas.
b.
Do’a
c.
Salam
VIII.
MEDIA DAN
BAHAN PEMBELAJARAN
1.
Gambar akta kelahiran, ijazah, keluarga, sim, ktp.
2.
Buku BSE Bahasa Indonesia
3.
Buku BSE PKn
4.
Buku BSE IPS
5.
Buku BSE Matematika
IX.
PENILAIAN
a.
Penilaian kognitif
1.
Teknik
: pertanyaan.
2.
Bentuk
: tes.
b.
Penilaian afektif
1.
Teknik :
pengamatan pada keaktifan siswa
2.
Bentuk :
non tes
LAMPIRAN
1. Materi
Ajar
Hidup Rukun,
Saling Berbagi dan
Tolong Menolong
kita
harus saling tolong menolong
harus
rukun dengan teman
dalam
keluarga harus rukun
dan
saling membantu
apabila
rukun hidup menjadi damai
apabila
saling tolong menolong
pekerjaan
akan menjadi ringan
Keluarga
Yang Damai
pak
raji bekerja sebagai guru di sd sekarsari
pak
raji adalah guru yang rajin bekerja
halaman
rumah pak raji luas
pekarangannya
ditanami bunga dan buah
dimanfaatkan
untuk penghijauan
setiap
sore hisam membantu ibu
merawat
dan menyiram tanaman
menyiangi
rumput liar yang mengganggu tanaman
bunga
bunga itu tumbuh subur
beraneka
warna bunga bermekaran
menambah
indah pemandangan
udara
menjadi segar dan bersih
rumah
pak raji
hisam
sayang kepada salwa
keduanya
sangat rukun
seringkali
hisam membantu salwa membuatkan mainan
bahannya
dari kertas atau tanah liat
salwa
senang mempunyai kakak yang baik hati
di
rumah yang sederhana itu keluarga pak raji
hidup
rukun dan damai
tidak
pernah terdengar ada keributan
mereka
hidup saling menyayangi
Saling Berbagi Dalam Keluarga
sepulang sekolah
dika dan dani terus ganti pakaian
cuci tangan kaki dan membasuh wajah
mereka menuju meja makan
diperhatikannya menu makan siang
yang disediakan oleh ibu
di meja
makan terdapat sebuah apel
oleh
oleh paman kemarin
mereka
berebut mengambil buah apel
dani
kalah cepat
dani
merengek kepada dika
dika
tidak mau memberikan apel
dani
menangis
ibu mendengar keributan kecil itu
ada apa dani
ini bu apelnya diambil kak dika
dani meminta tidak diberi
apel itu pemberian paman
kalian kemarin sudah sama sama
kebagian
apel itu tinggal satu
mestinya bagian ibu
sesama saudara tidak boleh berebut
makanan
itu tidak baik
jika ada sedikit makanan
harus dibagi dua sama banyak
nasihat ibu kepada mereka berdua
dika
kemudian membelah buah apel
menjadi
dua bagian yang sama besar
dani
disuruh memilih lebih dahulu
keduanya
merasa senang
ibu
senang sekali melihatnya
mereka
bisa mengerti
kemudian mereka makan bersama keluarga
hidangan makan siang yang sederhana
sambil makan
ayah menasihati dika dan dani
kita harus saling berbagi dan saling
menolong
apabila
kalian memiliki sesuatu
hendaknya
saling berbagi
baik
dengan saudara maupun orang lain
kita
harus peduli
dengan
orang orang di sekitar kita
Gotong Royong
masyarakat
desa sekarsari
melaksanakan
kegiatan bersih desa
secara
bergotong royong
semua
warga desa berpartisipasi
tidak
ketinggalan ibu ibu dan anak anak
suasana
pedesaan
bapak
bapak dan pemuda membersihkan selokan air
sebagian
ada yang membenahi jalan kampung
ibu ibu
dibantu oleh anak anak
membersihkan
sampah yang berserakan
di
sekitar lingkungan rumah
selokan
air dibersihkan dari sampah
supaya
air dapat mengalir dengan lancar
sampah
jika dibiarkan berserakan
akan
menyumbat saluran air
dan
dapat menyebabkan banjir
di
musim penghujan
ibu ibu
menyediakan makanan dan minuman
kegiatan
itu dilaksanakan dengan senang hati
pukul
10 30 kegiatan bersih desa selesai
desa
sekarsari kelihatan bersih
Bertanya Kepada Orang Lain
Pernahkah kamu bertanya kepada orang
lain?
Jika bertanya, kamu akan mengetahui
sesuatu.
bertanya tidak boleh sembarangan
gunakan bahasa yang baik
kata katanya harus tepat
dan caranya harus santun
Untuk bertanya gunakanlah kata tanya.
Berikut ini macam-macam kata tanya:
·
Apa
·
Kapan
·
Mengapa
·
Siapa
·
di mana
·
bagaimana
1.
_____ namamu apa
2.
_____ rumahmu siapa
3.
pukul _____ kamu bangun pagi kapan
4.
_____ hobimu berapa
5.
_____ kamu akan ke rumahku dimana
Dokumen Pribadi Dan Keluarga
foto
dokumen adalah surat yang tertulis
foto termasuk dokumen
supaya tidak rusak
foto sebaiknya disimpan
foto diri merupakan dokumen
dokumen milik sendiri
foto
diri perlu disimpan
sebagai
dokumen pribadi
cara
menyimpan foto
ada
banyak cara
foto
dimasukkan map
foto
dimasukkan album
foto
disampul plastik
foto
dipasang di figura
atau
dilaminating
akta kelahiran
akta kelahiran adalah surat penting wajib
kita miliki
akta kelahiran tidak boleh hilang
harus disimpan rapi
akta kelahiran berguna sebagai dokumen
diri
untuk mengurus surat akta kelahiran
merupakan bukti resmi
sebagai warga negara
punya kekuatan hukum
bagi semua negara
berlaku secara internasional
mendapatkan
akta kelahiran ada syarat syaratnya
yaitu
surat
keterangan melahirkan, surat nikah, kartu keluarga, pengajuan surat permohonan,
datang ke catatan sipil, akta kelahiran jadi
surat izin mengemudi (sim)
surat
izin mengemudi
disingkat
dengan sim
adalah
bukti resmi
yang
diberikan polri
kepada
seseorang
yang
memenuhi
persyaratan
untuk
mengemudikan kendaraan
syarat mendapatkan sim
permohonan tertulis
bisa baca tulis
paham aturan lalulintas
terampil mengemudikan kendaraan
sehat jasmani rohani
lulus ujian teori
lulus ujian praktik
batas usia
macam macam dokumen
dokumen ada bermacam macam
foto akta kelahiran
surat izin mengemudi
sertifikat tanah
ijazah rapot stnk
surat nikah paspor
menyelesaikan masalah mengukur benda dengan satuan
baku
pak
simon adalah pedagang buah
ia
mempunyai alat timbangan
alat
timbangan dilengkapi anak timbangan
anak
timbangannya bertuliskan 1 kg dan 1 ons
1 kg dibaca 1 kilogram
setiap 10 ons nilainya
sama dengan 1 kg
atau 10 ons = 1 kg
1) menaksir berat benda
suatu benda yang
mempunyai bentuk dan besar sama, pada umumnya berat juga sama.
contoh
1.
jika berat satu cangkir 1 ons
maka berat dua cangkir
kira kira 1ons + 1 ons = 2 ons
2.
jika berat satu durian 3 kg
maka berat dua durian
kira kira 3 kg + 3 kg = 6 kg
Diskusi
Kelompok
Nama
Kelompok: 1)
2)
Mari
Berpendapat!
Kerjakan
bersama dengan temanmu
1.
Agar
pekerjaan di rumah ringan diperlukan pembagian tugas. Sebutkan pembagian tugas
anggota keluarga di rumah masing-masing.
No
|
Tugas
|
|||
Bapak
|
Ibu
|
saya
|
...
|
|
1.
|
Bekerja
|
….
|
….
|
….
|
2.
|
…
|
….
|
….
|
….
|
3.
|
…
|
….
|
….
|
….
|
2. adik jatuh menangis saya akan ....
3. ayah sedang tidur siang
saya
sedang bermain
maka saya ....
4.
adik kesulitan membuat mainan
maka saya …
5.
Saya
mempunyai dua roti
Dan disana
ada adik
Maka saya…
Diskusi
Kelompok
Nama
Kelompok: 1)
2)
Kerjakan
bersama dengan temanmu
ayo
isilah dengan jawaban yang tepat
1.
jika berat satu pepaya 2 kg
maka
berat tiga pepaya
kira
kira … kg
2.
jika berat satu ikan 2 ons
maka berat empat ikan
kira kira … ons
3.
jika berat satu kelinci 3 kg
maka enam kelinci beratnya
kira kira … kg
4.
jika berat satu durian 3 kg
maka tiga durian beratnya
kira kira … kg
5.
jika berat satu burung 5 ons
maka dua burung beratnyakira kira … kg
Uji
Kemampuan
Kerjakanlah di buku latihanmu!
A.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1. adik belum bisa membaca lancar sebagai
kakak tindakan yang baik adalah ....
a. mengejeknya
b. membantunya
c. Membiarkannya
2. dengan gotong royong pekerjaan akan
....
a. menjadi berat
b. cepat selesai
c. menjadi sedikit
3. ada nenek nenek takut menyeberang
jalan sebaiknya kamu ....
a. membantu menyeberangkan
b. melarang menyeberang
c. melihatnya saja
4. ____ nama adikmu
Kata tanya yang
tepat adalah…
a. Berapa
b. Siapa
c. apa
5. ____ rumahmu
Kata tanya yang
tepat adalah…
a. di mana
b. ke mana
c. dari mana
6. adi __________
rina bungkus kue
pertanyaan yang
tepat adalah ____
a. mana bungkus kuemu
b. mengapa bungkusnya dibuang
c. apa yang kamu buang
7. Dokumen yang dijadikan alat kenangan
adalah ....
a. KTP
b. Akta
c. foto
8. Rapor termasuk ....
a. koleksi
b. surat penting
c. dokumen
9. berat satu kantong gula 1 kg
berat 5 kantong
gula adalah ... kg
a. 5 ons
b. 5 kg
c. 50 kg
10. benda yang beratnya 3 kg sama dengan
...
a. 30 ons
b. 300 ons
c. 15 ons
B.
ayo selesaikan soal-soal berikut
1.
kita hidup harus tolong menolong
mengapa
....
....
....
2.
berilah tanda cek (√) pada kalimat yang menggunakan bahasa yang santun
3.
mengapa dokumen itu perlu dirawat
....
….
….
4.
Berikut ini adalah daftar barang belanjaan ibu.
No.
|
Nama Barang
|
Berat
|
1.
|
Beras
|
2 kg
|
2.
|
Daging
|
1 kg
|
3.
|
Tepung terigu
|
5 ons
|
4.
|
Bawang merah
|
100
am
|
a.
Manakah barang belanjaan ibu yang paling berat.
b.
Manakah barang belanjaan ibu yang paling ringan.
c.
Manakah yang lebih berat antara tepung terigu dan bawang
merah.
1.
Kriteria
Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua
bena
·
Sebagian
besar benar
·
Sebagian
kecil benar
·
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
Ket: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
2.
Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
·
Bekerjasama
·
Sering
kerjasama
·
Jarang
kerjasama
·
Tidak
bekerjasama
|
4
3
2
1
|
2.
|
Partisipasi
|
·
Aktif
berpartisipasi
·
Sering
aktif
·
Jarang
aktif
·
Tidak
aktif
|
4
3
2
1
|
Ket: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
3.
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Siswa
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
Nilai = jumah skor x 8
Contoh: 12 x 8 = 96 (nilai maksimal)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II SEMESTER 1
Disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD di Kelas
Rendah
Dosen Pengampu :
Nugraheti Sismulyasih S.B.
Oleh :
Fitria Indri Astuti 1401410174
Rombel 8
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar