RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah Dasar Kelas 2 Semester 1
Tema : Lingkungan Sekolah
Disusun
untuk memenuhi tugas individu mata kuliah pengembangan PKn SD
Dosen
Pengampu : Harmanto, M.Pd
Oleh :
Muin Arifah
NIM. 1401410203
Rombel
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Satuan Sekolah : SD Negeri 1 Brangkal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn, dan IPA
Tema : Lingkungan Sekolah
Kelas/ Semester : 2/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
1.Standar
Kompetensi :
Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
1.
Memahami pesan pendek dan dongeng
yang dilisankan.
PKn
1.
Membiasakan hidup bergotong royong.
IPA
2.
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat
dialaminya.
3.Kompetensi
Dasar :
Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
1.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
kepada orang lain.
PKn
1.
Melaksanakan hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
IPA
1.
Mengidentifikasi benda-benda yang
dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan.
4.Indikator
Bahasa
Indonesia
1.
Menceritakan isi cerita yang
didengarnya.
2.
Menanggapi pertanyaan sesuai isi
cerita yang didengarkan.
PKn
3.
Menyebutkan contoh hidup rukun di
sekolah.
4.
Menyebutkan contoh hidup tidak rukun di
sekolah.
IPA
5.
Menceritakan kegunaan benda yang ada di
sekitar.
5.Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
pengamatan video, siswa dapat menceritakan isi cerita dari video dengan intonasi
dan mimic yang sesuai.
2. Melalui
tanya jawab, siswa dapat menanggapi pertanyaan sesuai isi cerita yang
didengarnya dengan seksama.
3. Melalui
gambar peristiwa di sekolah, siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun di
sekolah yang pernah dialaminya.
4. Melalui
gambar peristiwa di sekolah, siswa dapat menyebutkan contoh hidup tidak rukun
di sekolah yang pernah dialami/dilihatnya.
5. Melalui
pengamatan benda-benda di kelas, siswa dapat menceritakan kegunaan benda yang
ada di sekitar dengan teliti dan jujur.
6.Karakteristik
Siswa yang Diharapkan
1.
Cermat, teliti, dan terampil
2.
Disiplin, bertanggung jawab, dan jujur
3.
Berani, terbuka, toleransi, dan tegas
4.
Sikap menghargai pendapat orang lain
5.Materi
Ajar
Bahasa Indonesia : Menceritakan isi cerita yang didengar
PKn :
Hidup rukun dan hidup tidak rukun
IPA :
Kegunaan benda
6.Pendekatan,
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Example non Example
Metode : ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan, dan demonstrasi.
7.Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru mengucap salam dilanjutkan
mengajak siswa berdoa.
2.
Guru melakukan absensi.
3.
Sebagai apersepsi, guru mengajak siswa
untuk bersama-sama menyanyikan lagu anak berjudul “Hidup Rukun”. Lagu tersebut
dinyanyikan dengan nada seperti lagu “Anak Gembala” yang dinyanyikan artis cilik
Tasya.
4.
Guru menyampaikan tujuan yang akan
dicapai dan memotivasi belajar siswa. Contoh : “Anak-anak hari ini kita akan
belajar tentang hidup rukun. Setelah kalian belajar nanti, diharapkan anak-anak
bisa hidup rukun di sekolah”.
5.
Guru menyampaikan penjelasan uraian
kegiatan.
6.
Kegiatan
Inti (45 menit)
1.
Eksplorasi
1.
Siswa menceritakan gambar yang
ditunjukkan guru.
2.
Siswa menjawab pertanyaan tentang benda-benda
yang mereka bawa ke sekolah.
3.
Siswa secara bergantian menyebutkan
kegunaan benda dari gambar yang ditunjukkan.
4.
Elaborasi
1.
Siswa membentuk kelompok. Tiap-tiap
kelompok ada 5 siswa.
2.
Guru membagikan lembar kerja kelompok.
3.
Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.
4.
Guru membimbing siswa jika mengalami
kesulitan.
5.
Siswa maju untuk menunjukkan gambar yang
hidup rukun atau tidak rukun. Kemudian, menceritakan gambar tersebut.
6.
Guru menjelaskan sedikit tentang hidup
rukun dan hidup tidak rukun.
7.
Konfirmasi
1.
Guru memberikan umpan balik dan
penguatan dalam bentuk lisan. Misal : “Iya, bagus. Jawaban kelompok Shinta
benar. Tepuk tangan anak-anak”.
2.
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil
pekerjaan siswa
Misal : “Coba anak-anak semua perhatikan hasil
pekerjaan kalian! Hampir semuanya sudah benar. Mari kita bahas bersama-sama”.
3.
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya jika ada masalah/kesulitan. Misal : Ayo siapa yang belum paham,
silahkan bertanya.
4.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
1.
Guru bersama siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran. Misalnya : “Jadi, kalian hari ini telah belajar
tentang kerukunan. Dengan kerukunan,
kita bisa saling membantu”.
2.
Siswa mengerjakan evaluasi secara
individu.
3.
Memberi reward (penghargaan) kepada siswa/kelompok yang aktifdan memberi
penguatan kepada semua siswa . Misal : “Setelah ibu amati, kelompok terbaik di
dapat oleh kelompok 1. Tepuk tangan anak-anak. Yang lain juga bagus dan Ibu
ingin melihat kalian lebih giat belajarnya”.
4.
Guru memberi tindak lanjut kepada siswa
berupa contoh hidup rukun di rumah.
5.
Do’a dan salam.
6.
Penilaian
1.
Prosedur tes : awal (tidak ada), proses (ada), akhir (ada)
2.
Jenis tes : tes
lisan dan tes tertulis.
3.
Alat tes :
soal evaluasi dan LKS
4.Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Sumber
Belajar
1.
Ismoyo dan Romiyatun.2007.Aku Bangga Berbahasa Indonesia 2 Sekolah
Dasar Kelas 2.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.
Muslikh.2007.Standar Proses untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta:Depatemen
Pendidikan Nasional.
3.
Nurlaili, Lili.2008. BSE Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Kelas 2.Jakarta:Pusat
Perbukuan Depdiknas.
4.
Saragih, Gustaman,dkk.2010.Buku Tematik Lingkungan Sekolah untuk SD/MI
Kelas 2 Semester 1.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
5.
Sudibyo, Bambang.2007.Standar Isi Mata Pelajaran SD/MI.Jakarta.Departemen
Pendidikan Nasional
6.
Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono.2008.BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI
Kelas 2.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
7.
Media
Pembelajaran
1.
Power point : kegunaan benda dan hidup rukun
2.
Video Petualangan Sherina : hidup
tidak rukun
Semarang,
30
Maret 2012
Dosen Pengampu,
Harmanto,
M.Pd
NIP.19540725.198103.2.001
|
|
Simulator,
Muin
Arifah
NIM.1401410203
|
Bahan
Ajar
Sebelum berangkat ke
sekolah, Bima selalu memeriksa buku dan alat tulis yang akan dibawa. Tak satu
pun alat tulis yang teringgal. Buku-buku lengkap dan alat tulis sudah siap
pakai. Berikut ini adalah buku dan alat tulis beserta kegunaannya.
Benda dan kegunaan
|
Benda dan kegunaan
|
1.
Buku tulis digunakan
untuk mencatat pelajaran.
|
4.
Penggaris digunakan
untuk membuat garis lurus.
|
2.
Pensil digunakan
untuk menulis di buku tulis.
|
5.
Buku paket digunakan
sebagai bahan materi pelajaran
|
3.
Setip/Penghapus
digunakan untuk menghapus tulisan yang salah.
|
6.
Rautan pensil
digunakan untuk menajamkan pensil.
|
Kerukunan adalah perilaku yang mencerminkan saling pengertian
agar tercipta kedamaian, persahabatan, dan persaudaraan. Cirri-ciri hidup
rukun:
1. Saling
menyayangi
2. Saling
menghormati
3. Membina
hubungan yang baik
4. Menghargai hasil karya
orang lain.
Contoh hidup rukun
|
Contoh hidup tidak rukun
|
1.
Membantu teman mengerjakan PR.
2.
Memberikan sebagian bekal makanan
untuk teman.
3.
Membantu teman melaksanakan
piket.
4.
Belajar bersama, bekerja sama,
dan bermain bersama
|
1. Merebut mainan teman.
2. Mengambil barang milik teman
tanpa minta izin.
3. Mengejek dan berkelahi dengan
teman.
4.
Memukul
teman
|
Dalam kehidupan,
kerukunan sangat penting. Dengan kerukunan kita bisa belajar bersama teman,
bermain bersama, dan saling tolong-menolong. Kita juga akan disayangi teman
sehingga teman kita banyak. Sebaliknya, orang yang tidak hidup rukun akan
mempunyai banyak musuh dan tidak disukai oleh teman yang lainnya.
Nama
kelompok :
Anggota
kelompok :
1.
…………………….
2.
…………………….
3.
…………………….
4.
…………………….
Lembar
Kerja Siswa
Petunjuk
: Amatilah gambar di bawah ini ! berilah tanda centang (√) pada gambar yang
menunjukkan hidup rukun dan tanda silang (×) pada gambar yang menunjukkan hidup
tidak rukun!
No.
|
Gambar
|
Cerita
dari gambar
|
1.
|
|
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………
|
2.
|
|
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………
|
3.
|
|
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………
|
Nama :
No.
Absen :
SOAL
EVALUASI
1.
Berilah
tanda silang (x) pada jawaban a, b, atau c yang benar!
1.
Di bawah ini yang termasuk alat tulis
adalah ….
1.
Pensil
2.
Gelas
3.
Sepatu
4.
Kegunaan dari penggaris adalah ….
1.
Mencatat pelajaran
2.
Menulis di buku tulis
3.
Membuat garis lurus
4.
Kegunaan dari gambar di bawah ini adalah
….
|
1.
Menghapus tulisan yang salah
2.
Menajamkan pensil
3.
Menulis di buku tulis
|
4.
Alat tulis yang berguna untuk menajamkan
pensil adalah ….
a.
|
|
|
|
b.
|
|
|
|
c.
|
|
|
|
5.
Hidup rukun adalah ….
1.
Suasana hidup sepi
2.
Suasana hidup tidak peduli
3.
Suasana hidup aman
4.
Salah satu contoh hidup rukun adalah ….
1.
Memukul teman
2.
Mengejek teman
3.
Bermain bersama teman
4.
Teman yang baik adalah ….
1.
Suka mengganggu
2.
Suka menolong
3.
Suka mengambil barang temannya
4.
Manfaat hidup rukun adalah ….
1.
Dibenci teman
2.
Disukai banyak teman
3.
Tidak dipedulikan teman
4.
Salah satu contoh hidup tidak rukun
adalah ….
1.
Belajar bersama
2.
Membantu teman melaksanakan piket
3.
Mengambil makanan milik teman
4.
Orang yang suka mengganggu temannya
berarti dia hidup
1.
Tidak rukun
2.
Rukun
3.
Damai
Jawaban Lembar Kerja Siswa
No.
|
Gambar
|
Cerita dari gambar
|
1.
|
|
Siswa
perempuan sedang belajar kelompok. Mereka mengerjakan tugas sekolah bersama
dengan sungguh-sungguh. Mereka tampak hidup rukun.
|
2.
|
|
Ada
dua anak yang sedang bertengkar. Anak yang memakai topi mengejek temannya.
Maka, temannya itu marah-marah dengan anak yang memakai topi. Jadi, mereka
tidak hidup dengan rukun.
|
3.
|
|
Anak-anak
berangkat sekolah bersama dengan menggunakan perahu untuk menyeberangi
sungai. Dua anak perempuan bertugas mendayung. Mereka tampak rukun.
|
Jawaban
Soal Evaluasi
1.
A
|
1.
C
|
2.
C
|
3.
B
|
4.
A
|
5.
B
|
6.
B
|
7.
C
|
8.
C
|
9.
A
|
Pendoman
Penskoran
1.
Lembar
Kerja Kelompok
1.
Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 3
gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 50.
2.
Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 2
gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 40.
3.
Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 3
gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 30.
4.
Jika siswa tidak menjawab sama sekali,
maka mendapat skor 0.
Nilai
= x 2
5.
Soal-soal
Evaluasi
Tiap
nomor nilainya adalah 10.
Jumlah
nomor ada 10.
Nilai
=jumlah soal yang benar
x 10
6.
Aspek
afektif selama proses pembelajaran
Tabel
Pengamatan
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Ketepatan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor 4 : baik sekali
3 : baik
2 :
cukup
1 :
kurang
Skor
Maksimum = 12
Skor
Minimum = 3
Nilai
= Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimum
Menyanyikan
lagu
Nyanyika
lagu di bawah ini dengan nada seperti lagu “Anak Gembala” yang dinyanyikan oleh
artis cilik Tasya
Hidup
Rukun
Aku adalah anak sekolah
Selalu riang punya banyak teman
Karena aku anak yang baik, suka
menolong, dan tak pernah sombong
Sha la la selalu hidup rukun
Hindari hidup tidak rukun
Kisi-kisi Soal Evaluasi
Satuan
pendidikan : SD Negeri 1 Brangkal
Kelas/semester : II/1
No.
|
Indikator
|
Aspek
|
Jumlah Soal
|
Nomor Soal
|
Kategori
|
1.
|
Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
1.
Menceritakan isi cerita yang
didengarnya.
2.
Menanggapi pertanyaan sesuai isi
cerita yang didengarkan.
PKn
3.
Menyebutkan contoh hidup rukun di
sekolah.
4.
Menyebutkan contoh hidup tidak
rukun di sekolah.
IPA
5.
Menceritakan kegunaan benda yang
ada di sekitar.
|
C1
C3
C2
C2
C1
|
2
3
1
1
3
|
1 dan 5
5, 8, dan 10
6
9
2, 3 dan 4
|
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
|
Cara downloadnya bagaimana ya
BalasHapusdownload'nya gmn mba .. ??
BalasHapus