Selasa, 25 Februari 2014

RPP Kelas 2 semester 1




Logo_Unnes Kuning.png

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah Dasar Kelas 2 Semester 1
Tema : Lingkungan Sekolah
Disusun untuk memenuhi tugas individu mata kuliah pengembangan PKn SD
Dosen Pengampu : Harmanto, M.Pd


Oleh :
Muin Arifah
NIM. 1401410203
Rombel  

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Satuan Sekolah           : SD Negeri 1 Brangkal 
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia, PKn, dan IPA
Tema                           : Lingkungan Sekolah
Kelas/ Semester           : 2/1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
 

1.Standar Kompetensi :
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.                  Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
PKn
1.                  Membiasakan hidup bergotong royong.
 IPA
2.                  Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta  perubahan wujud yang dapat dialaminya.
3.Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain.
PKn
1.                  Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
IPA        
1.                  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya  melalui pengamatan.
4.Indikator
Bahasa Indonesia
1.                  Menceritakan isi cerita yang didengarnya.
2.                  Menanggapi pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
PKn
3.                  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.
4.                  Menyebutkan contoh hidup tidak rukun di sekolah.
IPA
5.                  Menceritakan kegunaan benda yang ada di sekitar.
5.Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui pengamatan video, siswa dapat menceritakan isi cerita dari video dengan intonasi dan mimic yang sesuai.
2.   Melalui tanya jawab, siswa dapat menanggapi pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarnya dengan seksama.
3.   Melalui gambar peristiwa di sekolah, siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah yang pernah dialaminya.
4.   Melalui gambar peristiwa di sekolah, siswa dapat menyebutkan contoh hidup tidak rukun di sekolah yang pernah dialami/dilihatnya.
5.   Melalui pengamatan benda-benda di kelas, siswa dapat menceritakan kegunaan benda yang ada di sekitar dengan teliti dan jujur.
6.Karakteristik Siswa yang Diharapkan
1.                  Cermat, teliti, dan terampil
2.                  Disiplin,  bertanggung jawab,  dan jujur
3.                  Berani, terbuka,  toleransi, dan tegas
4.                  Sikap menghargai pendapat orang lain
5.Materi Ajar
Bahasa Indonesia   : Menceritakan isi cerita yang didengar
PKn                                    : Hidup rukun dan hidup tidak rukun
IPA                         : Kegunaan benda
6.Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Example non Example
Metode       : ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan, dan demonstrasi.
7.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.                  Kegiatan Awal (10 menit)
1.                  Guru mengucap salam dilanjutkan mengajak siswa berdoa.
2.                  Guru melakukan absensi.
3.                  Sebagai apersepsi, guru mengajak siswa untuk bersama-sama menyanyikan lagu anak berjudul “Hidup Rukun”. Lagu tersebut dinyanyikan dengan nada seperti lagu “Anak Gembala” yang dinyanyikan artis cilik Tasya.
4.                  Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dan memotivasi belajar siswa. Contoh : “Anak-anak hari ini kita akan belajar tentang hidup rukun. Setelah kalian belajar nanti, diharapkan anak-anak bisa hidup rukun di sekolah”.
5.                  Guru menyampaikan penjelasan uraian kegiatan.
6.                  Kegiatan Inti (45 menit)
1.                  Eksplorasi
1.                  Siswa menceritakan gambar yang ditunjukkan guru.
2.                  Siswa menjawab pertanyaan tentang benda-benda yang mereka bawa ke sekolah.
3.                  Siswa secara bergantian menyebutkan kegunaan benda dari gambar yang ditunjukkan.
4.                  Elaborasi
1.                  Siswa membentuk kelompok. Tiap-tiap kelompok ada 5 siswa.
2.                  Guru membagikan lembar kerja kelompok.
3.                  Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.
4.                  Guru membimbing siswa jika mengalami kesulitan.
5.                  Siswa maju untuk menunjukkan gambar yang hidup rukun atau tidak rukun. Kemudian, menceritakan gambar tersebut.  
6.                  Guru menjelaskan sedikit tentang hidup rukun dan hidup tidak rukun.
7.                  Konfirmasi
1.                  Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan. Misal : “Iya, bagus. Jawaban kelompok Shinta benar. Tepuk tangan anak-anak”.
2.                  Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil pekerjaan siswa
Misal : “Coba anak-anak semua perhatikan hasil pekerjaan kalian! Hampir semuanya sudah benar. Mari kita bahas bersama-sama”.
3.                  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada masalah/kesulitan. Misal : Ayo siapa yang belum paham, silahkan bertanya.
4.                  Kegiatan Akhir (15 menit)
1.                  Guru bersama siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Misalnya : “Jadi, kalian hari ini telah belajar tentang kerukunan.  Dengan kerukunan, kita bisa saling membantu”.
2.                  Siswa mengerjakan evaluasi secara individu.
3.                  Memberi reward (penghargaan) kepada siswa/kelompok yang aktifdan memberi penguatan kepada semua siswa . Misal : “Setelah ibu amati, kelompok terbaik di dapat oleh kelompok 1. Tepuk tangan anak-anak. Yang lain juga bagus dan Ibu ingin melihat kalian lebih giat belajarnya”.
4.                  Guru memberi tindak lanjut kepada siswa berupa contoh hidup rukun di rumah.
5.                  Do’a dan salam.
6.                  Penilaian
1.                  Prosedur tes    : awal (tidak ada), proses (ada), akhir (ada)
2.                  Jenis tes                       : tes lisan dan tes tertulis.
3.                  Alat tes                        : soal evaluasi dan LKS
4.Sumber dan Media Pembelajaran
1.                  Sumber Belajar
1.                  Ismoyo dan Romiyatun.2007.Aku Bangga Berbahasa Indonesia 2 Sekolah Dasar Kelas 2.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.                  Muslikh.2007.Standar Proses untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta:Depatemen Pendidikan Nasional.
3.                  Nurlaili, Lili.2008. BSE Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Kelas 2.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
4.                  Saragih, Gustaman,dkk.2010.Buku Tematik Lingkungan Sekolah untuk SD/MI Kelas 2 Semester 1.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
5.                  Sudibyo, Bambang.2007.Standar Isi Mata Pelajaran SD/MI.Jakarta.Departemen Pendidikan Nasional
6.                  Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono.2008.BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas 2.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
7.                  Media Pembelajaran
1.                  Power point                             : kegunaan benda dan hidup rukun
2.                  Video Petualangan Sherina : hidup tidak rukun
Semarang, 30 Maret 2012
Dosen Pengampu,


Harmanto, M.Pd
NIP.19540725.198103.2.001





Simulator,


Muin Arifah
NIM.1401410203

Bahan Ajar
Sebelum berangkat ke sekolah, Bima selalu memeriksa buku dan alat tulis yang akan dibawa. Tak satu pun alat tulis yang teringgal. Buku-buku lengkap dan alat tulis sudah siap pakai. Berikut ini adalah buku dan alat tulis beserta kegunaannya.
Benda dan kegunaan
Benda dan kegunaan
1.                   
Buku tulis digunakan untuk mencatat pelajaran.
4.
Penggaris digunakan untuk membuat garis lurus.
2.                   
Pensil digunakan untuk menulis di buku tulis.
5.
Buku paket digunakan sebagai bahan materi pelajaran
3.                   
Setip/Penghapus digunakan untuk menghapus tulisan yang salah.
6.
Rautan pensil digunakan untuk menajamkan pensil.


      Kerukunan adalah perilaku yang mencerminkan saling pengertian agar tercipta kedamaian, persahabatan, dan persaudaraan. Cirri-ciri hidup rukun:
1.    Saling menyayangi
2.    Saling menghormati
3.    Membina hubungan yang baik
4.    Text Box: Bima dan Wawan adalah anak yang baik. Mereka selalu menjaga kerukunan. Misalnya, ketika Bima tidak membawa buku pelajaran, Wawan meminjamkan Bima buku. Mereka memakai satu buku untuk bersama. Sikap hidup mereka dalam menjaga kerukunan sangat terpuji dan perlu kita contoh. Hidup rukun bukan hanya untuk diucapkan tetapi untuk dilaksanakan.

Menghargai hasil karya orang lain.

Text Box: Contoh kerukunan hidup
    
Contoh hidup rukun
Contoh hidup tidak rukun
1.    Membantu teman mengerjakan PR.
2.    Memberikan sebagian bekal makanan untuk teman.
3.    Membantu teman melaksanakan piket.
4.    Belajar bersama, bekerja sama, dan bermain bersama
1.    Merebut mainan teman.
2.    Mengambil barang milik teman tanpa minta izin.
3.    Mengejek dan berkelahi dengan teman.
4.    Memukul teman
Dalam kehidupan, kerukunan sangat penting. Dengan kerukunan kita bisa belajar bersama teman, bermain bersama, dan saling tolong-menolong. Kita juga akan disayangi teman sehingga teman kita banyak. Sebaliknya, orang yang tidak hidup rukun akan mempunyai banyak musuh dan tidak disukai oleh teman yang lainnya.


Nama kelompok          :
Anggota kelompok     :
1.                  …………………….
2.                  …………………….
3.                  …………………….
4.                  …………………….

Lembar Kerja Siswa
Petunjuk : Amatilah gambar di bawah ini ! berilah tanda centang (√) pada gambar yang menunjukkan hidup rukun dan tanda silang (×) pada gambar yang menunjukkan hidup tidak rukun!
No.
Gambar
Cerita dari gambar
1.
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………
2.
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………
3.
………………………………………
………………………………………
………………………………………
………………………………………

Nama              :
No. Absen      :
SOAL EVALUASI
1.                  Berilah tanda silang (x) pada jawaban a, b, atau c yang benar!
1.                  Di bawah ini yang termasuk alat tulis adalah ….
1.                  Pensil
2.                  Gelas
3.                  Sepatu
4.                  Kegunaan dari penggaris adalah ….
1.                  Mencatat pelajaran
2.                  Menulis di buku tulis
3.                  Membuat garis lurus
4.                  Kegunaan dari gambar di bawah ini adalah ….
1.                  Menghapus tulisan yang salah
2.                  Menajamkan pensil
3.                  Menulis di buku tulis

4.                  Alat tulis yang berguna untuk menajamkan pensil adalah ….
a.


b.


c.


5.                  Hidup rukun adalah ….
1.                  Suasana hidup sepi
2.                  Suasana hidup tidak peduli
3.                  Suasana hidup aman
4.                  Salah satu contoh hidup rukun adalah ….
1.                  Memukul teman
2.                  Mengejek teman
3.                  Bermain bersama teman
4.                  Teman yang baik adalah ….
1.                  Suka mengganggu
2.                  Suka menolong
3.                  Suka mengambil barang temannya
4.                  Manfaat hidup rukun adalah ….
1.                  Dibenci teman
2.                  Disukai banyak teman
3.                  Tidak dipedulikan teman
4.                  Salah satu contoh hidup tidak rukun adalah ….
1.                  Belajar bersama
2.                  Membantu teman melaksanakan piket
3.                  Mengambil makanan milik teman
4.                  Orang yang suka mengganggu temannya berarti dia hidup
1.                  Tidak rukun
2.                  Rukun
3.                  Damai















Jawaban Lembar Kerja Siswa
No.
Gambar
Cerita dari gambar
1.
Oval: √
Siswa perempuan sedang belajar kelompok. Mereka mengerjakan tugas sekolah bersama dengan sungguh-sungguh. Mereka tampak hidup rukun.
2.
Oval: ×
Ada dua anak yang sedang bertengkar. Anak yang memakai topi mengejek temannya. Maka, temannya itu marah-marah dengan anak yang memakai topi. Jadi, mereka tidak hidup dengan rukun.
3.
Oval: √
Anak-anak berangkat sekolah bersama dengan menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai. Dua anak perempuan bertugas mendayung. Mereka tampak rukun.

Jawaban Soal Evaluasi

1.        A
1.      C
2.        C
3.        B
4.        A
5.        B
6.        B
7.        C
8.        C
9.        A

Pendoman Penskoran
1.                  Lembar Kerja Kelompok
1.                  Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 3 gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 50.
2.                  Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 2 gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 40.
3.                  Jika siswa memberi (√) dan (×) pada 3 gambar dan menceritakannya dengan benar, maka mendapat skor 30.
4.                  Jika siswa tidak menjawab sama sekali, maka mendapat skor 0.

Nilai = x 2
5.                  Soal-soal Evaluasi
Tiap nomor nilainya adalah 10.
Jumlah nomor ada 10.

Nilai =jumlah soal yang benar x 10
6.                  Aspek afektif selama proses pembelajaran
                                                            Tabel Pengamatan
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Keaktifan
Keberanian
Ketepatan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.














2.














dst















Keterangan skor  4  :  baik sekali
                            3  :  baik
                            2  :  cukup
                            1  :  kurang
Skor Maksimum             = 12
Skor Minimum               = 3
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
               Skor maksimum
Menyanyikan lagu
Nyanyika lagu di bawah ini dengan nada seperti lagu “Anak Gembala” yang dinyanyikan oleh artis cilik Tasya
Hidup Rukun
Aku adalah anak sekolah
Selalu riang punya banyak teman
Karena aku anak yang baik, suka menolong, dan tak pernah sombong
Sha la la selalu hidup rukun
Hindari hidup tidak rukun













Kisi-kisi Soal Evaluasi
Satuan pendidikan      : SD Negeri 1 Brangkal
Kelas/semester            : II/1

No.
Indikator
Aspek
Jumlah Soal
Nomor Soal
Kategori
1.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.                  Menceritakan isi cerita yang didengarnya.
2.                  Menanggapi pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
PKn
3.                  Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.
4.                  Menyebutkan contoh hidup tidak rukun di sekolah.
IPA
5.                  Menceritakan kegunaan benda yang ada di sekitar.


C1


C3





C2


C2

C1


2


3





1





1


3


1 dan 5


5, 8, dan 10




6





9


2, 3 dan 4


Mudah


Sedang





Mudah




Sedang



Sedang


2 komentar: