RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah : SDN
Krapyak
Kelas/Semester :
III /1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia, PKn, IPS
Tema : Keamanan
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
Hari/tanggal : Senin,
19 September 2011
I. STANDAR KOMPETENSI
1.
PKn
2.
Melaksanakan
norma yang berlaku di masyarakat
2.
BAHASA INDONESIA
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran
3. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah
II. KOMPETENSI DASAR
1.
PKN
2. 2 Menyebutkan contoh aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.
BAHASA INDONESIA
Berbicara
2.3 Memberikan tanggapan dan saran
sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat
3.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.4 Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
III.
INDIKATOR
1. Menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
2. Menanggapi
suatu masalah yang berkaitan dengan aturan yang ada di masyarakat
3. Menjelaskan
manfaat kerjasama dalam masyarakat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, siswa dapat
menyebutkan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat dengan benar
2. Dengan
memperhatikan gambar kegiatan ronda malam, siswa dapat menanggapi suatu masalah
yang berkaitan dengan aturan yang ada di masyarakat dengan baik
3. Dengan
memperhatikan gambar kerja bakti, siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama dalam masyarakat dengan tepat
V. MATERI AJAR
1.
PKn : Aturan-aturan di masyarakat
2.
Bahasa Indonesia : member tanggapan
3.
IPS : Kerja
sama
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pendekatan kontekstual
2.
Metode
Pembelajaran : demonstrasi
dan diskusi kelompok
VII.
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (5 menit)
a.
salam, do’a, dan presensi
b.
Apersepsi
dengan bertanya kepada siswa :
“
Siapa yang pernah melihat atau mengikuti kegiatan kerja bakti di kampung?
c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d.
Siswa
mendapat penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
dan memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
Eksplorasi
a. Siswa
mengamati gambar yang ditampilkan guru.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
aturan-aturan yang ada di masyarakat.
c. Siswa memberikan contoh-contoh
sikap yang menunjukkan menaati aturan yang ada di masyarakat, misalnya mengkuti
kerja bakti.
Elaborasi
a. Siswa
membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 anak.
b. Setiap
kelompok menyebuttkan salah satu bentuk dan manfaat kerja sama dalam menaati
aturan di masyarakat.
c. Masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusi , sedangkan kelompok
lain menanggapi hasil diskusi dari kelompok yang presentasi.
Konfirmasi
a.
Siswa
mendapatkan umpan balik dan penguatan dari guru.
b.
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling aktif.
c.
Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang kurang dipahami.
3. Kegiatan Akhir / Penutup ( 10 menit )
a.
Siswa
bersama guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan.
b.
Siswa mengerjakan soal evaluasi yang
dibagikan guru
c.
Siswa
mendapat pekerjaan rumah yaitu mencatat aturan-aturan yang ada
di sekolah dan masyarakat.
d.
Guru
memberikan pesan dan kesan kepada siswa, serta memberikan dorongan belajar.
VIII.
PENILAIAN
a. Teknik
penilaian : tes dan non tes
b. Bentuk
tes : tes lisan dan tes tertulis
c. Instrumen
: Soal (terlampir)
IX.
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
A. SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Buku PKN untuk Kelas III SD, BSE, Slamet.
2.
Buku PKN untuk Kelas III SD, BSE, Prayoga Bestari.
3.
Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas III SD, BSE, Mey
Sulistyaningsih.
4.
Buku IPS untuk Kelas III SD, BSE, Sunarso.
5.
Lingkungan
B.
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Tata
Tertib Di Masyarakat
2. Gambar
tentang Kerja sama : kerja bakti, ronda malam
Semarang, 19 Aoril
2012
Guru Pamong Praktikan
Isnaeni,
S.Pd. Muin
Arifah
NIP.19650525 200701 2 020 NIM.
1402408334
JARINGAN TEMA KEAMANAN
Bahan Ajar
Manusia merupakan mahluk sosial sehingga
dalam kesehariannya selalu berhubungan dengan manusia-manusia yang lain. Karena
seringnya terjadi interaksi anatar manusia tersebut, maka dibutuhkan sesuatu
yang bersifat mengatur dan mengikat manusia-manusia tersebut untuk selalu
mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Aturn dibuat untuk mengatur manusia -
manusia yang terdapat dalam satu kelompok untuk menghindari sikap brutal, mau
menang sendiri, dll.
Aturan
merupakan pedoman agar manusia hidup tertib dan teratur. Jika tidak terdapat
peraturan, manusia bisa bertindak sewenang-wenang, tanpa kendali, dan sulit
diatur. Salah satu contoh aturan yaitu “Tamu yang ingin menginap harap lapor
ketua RT”. Aturan dibuat agar ditaati masyarakat sehingga kehidupan menjadi
aman dn tenteram.
Semua warga
masyarakat harus menaati aturan. Aturn ada yang tertulis dan yang tidak
tertulis. Yang tidak tertulis misalnya menjenguk tetangga yang sakit. Sedangkan
aturan yang tertulis misalnya, Jadwal kegiatan ronda malam.
Dalam
menaati aturan dibutuhkan kerja sama semua anggota masyarakat sehingga
pekerjaan dapat segera terselesaikan. Kerjasama dimaksudkan sebagai suatu
usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu
atau tujuan bersama. Manfaat kerja sam, antara lain :
1. Kerja sama mendorong di dalam pencapaian
tujuan dan peningkatan produktivitas.
2. Kerja sama mendorong bekerja lebih
produktif, efektif, dan efisien.
3. Kerja sama mendorong terciptanya sinergi
sehingga biaya akan menjadi semakin rendah
4. Kerja sama mendorong terciptanya
hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa
kesetiakawanan.
5. Kerja sama menciptakan praktek yang
sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
Salah satu contoh
aturan di masyarakat
|
Kerja bakti di
lingkungan masyarakat
|
Kegiatan Ronda malam
|
Masyarakat membangun
jembatan bersama
|
Nama : ……………….
No. : ……………….
LEMBAR EVALUASI
A. Berilah
tanda silang pada huruf a, b atau c dengan jawaban yang tepat!
1. Aturan dibuat supaya ....
A. Kacau
B. Tenteram
C. Gelisah
2. Aturan masyarakat berlaku untuk ....
A. Ayah dan ibu
B. Kakak dan adik
C. Semua anggota masyarakat
3. Jika ada tamu yang ingin menginap harus
lapor kepada....
A. Pak
RT
B. Kepala
Sekolah
C. Kakek
4. Manfaat
kerja sama adalah ....
A. Pekerjaan menjadi berat
B. Pekerjaan terganggu
C. Pekerjaan cepat selesai
5. Jika ada tetangga yang sakit sebaiknya sebaiknya ....
A. Membiarkannya
B. Menjenguknya
C. Memarahinya
|
6. Jika bertamu, yang pertama kamu lakukan ....
A. Duduk di kursi
tamu
B. Masuk ruang tamu
C. Mengucap salam
7. Kamu harus
berbuat sopan terhadap ....
A. Siapa saja
B. Orang tua
C. Kakak
8. Aturan
dibuat berdasarkan ....
A. Kemauan
pak RT
B. Kesepakatan
bersama
C. Pemaksaan
9. Kebersihan desa menjadi tanggung jawab ....
A. Bapak-bapak
B. Orang
tua
C. Semua warga masyarakat
10. Poskamling
adalah tempat untuk ....
A. Ronda malam
B. Pertemuan warga
C. Musyawarah
|
LEMBAR KERJA SISWA
NAMA KELOMPOK :
ANGGOTA KELOMPOK
1.
..........................................
2.
..........................................
3.
..........................................
4.
..........................................
5.
…………………………….
Kelompokkan perbuatan berikut ini yang termasuk melaksanakan aturan dan
melanggar aturan!
1. Ayah
melaksanakan ronda malam
2. Menjaga
kebersihan lingkungan rumah
3. Menghormati
orang yang lebih tua
4. Membantu
warga dalam kegiatan kerja bakti
5. Membunyikan
radio sanagt keras ketika tetangga sakit
6. Membuang
sampah tidak pada tempatnya
7. Menjenguk
tetangga yang meninggal dunia
8. Mengambil
barang milik orang lain
9. Tawuran
antarwarga kampung
10. Tidak
melaporkan tamu yang tinggal di rumah kepada ketua RT
Yang
melaksanakan aturan nomor =….
Yang melanggar aturan nomor = ….
KUNCI JAWABAN
SOAL
EVALUASI
1.
B
2.
C
3.
A
4.
C
5.
B
6.
C
7.
A
8.
B
9.
C
10. A
SKOR
MAKSIMAL : 100
Nilai
: Jumlah jawaban betul x 10
LEMBAR
KERJA KELOMPOK
1.
Yang
termasuk melaksanakan aturan adalah nomor 1, 2, 3, 4,7
2.
Yang termasuk melanggar aturan adalah
nomor 5, 6, 8, 9, 10.
SKOR MAKSIMAL : 100
Nilai : Jumlah jawaban betul x 10
PENILAIAN UNJUK KERJA
Penilaian diskusi
kelompok
Nama :
Kelas :
Hari/tanggal :
Petunjuk : Berilah tanda cek (√) pada skala penilaian
apabila deskriptor sesuai dengan pengamatan
No
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skala
penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Mengemukakan pendapat
|
1. Tidak
pernah mengemukakan pendapat
2. Mengemukakan
pendapat tetapi kurang sesuai dengan materi
3. Mengemukakan
pendapat relevan dengan materi
|
|
|
|
2
|
Mengajukan pertanyaan
|
1. Tidak
pernah bertanya
2. Bertanya
pada guru atau teman
3. Lebih
dari satu kali mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
3
|
Kerjasama
|
1. Tidak
melibatkan diri dalam kelompoK
2. Partisipasi
dalam kelompok cukup
3. Partisipasi
dalam kelompok tinggi
|
|
|
|
4
|
Menghargai pendapat teman
|
1. Menyanggah
tanpa alasan jelas
2. Mendengarkan
pendapat teman
3. Menanggapi
pendapat teman dengan baik dan jelas
|
|
|
|
Keterangan :
Skor maksimum : 12 nilai
= 12/12 x 10 = 10
Skor minimal : 4 nilai = 4/12 x 10 = 3,3
Atau
Skor penilaian
dan kriteria
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
LEMBAR
PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA
Nama siswa :
Nama SD :
Kelas :
Konsep :
Hari/tanggal :
Petunjuk : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat
kemampuan yang sesuai dengan indikator
pengamatan
No
|
Indikator
|
Tingkat
kemampuan
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Antusias mempelajari
materi
|
|
|
|
|
|
2
|
Aktif bertanya
|
|
|
|
|
|
3
|
Aktif dalam diskusi
kelompok
|
|
|
|
|
|
4
|
Dapat bekerja sama
|
|
|
|
|
|
5
|
Dapat mengemukakan
ide
|
|
|
|
|
|
6
|
Menjelaskan hasil
kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
7
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian
28 – 32 = A
(baik sekali)
23 – 27 = B
(baik)
22 – 26 = C
(cukup)
17 – 21 = D
(kurang)
Pengamat,
Nurlaili
KRITERIA
PENGAMATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK
Kategori
pengamatan
|
Kurang
(1)
|
Cukup
(2)
|
Baik
(3)
|
Baik
sekali
(4)
|
1. Siswa
antusias mempelajari materi
|
Siswa bermain sendiri
|
Siswa memperhatikan selintas saja
|
Siswa aktif memperhatikan
|
Siswa sangat antusias
|
2. Siswa
aktif bertanya
|
Siswa diam saja
|
Hanya sekali bertanya
|
Beberapa kali bertanya
|
Selalu bertanya sesuai masalah
|
3. Siswa
percaya diri
|
Siswa tidak menjawab pertanyaan
teman
|
Siswa menjawab tetapi belum tepat
|
Siswa menjawab beberapa kali
dengan tepat
|
Siswa selalu menjawab dengan
tepat
|
4. Aktif
dalam diskusi kelompok
|
Siswa menyendiri
|
Ikut dalam diskusi kelompok
tetapi tidak aktif
|
Akhir dalam diskusi kelompok
|
Sangat aktif dalam diskusi
kelompok
|
5. Dapat
bekerjasama
|
Tidak bisa kerja sama
|
Mau bekerja sama tetapi pasif
|
Bisa bekerja sama
|
Bekerja sama dengan sangat baik
|
6. Mengemukakan
ide
|
Tidak mengemukakan ide
|
Mengemukakan ide hanya sekali dan
kurang tepat
|
Mengemukakan ide beberapa kali
dengan tepat
|
Selalu mengemukakan ide dengan
tepat
|
7. Menjelaskan hasil kerja kelompok
|
Tidak mau menjelaskan
|
Mau menjelaskan tetapi kurang
tepat
|
Menjelaskan tepat
|
Menjelaskan sangat tepat
|
8. Bertanggung
jawab
|
Tidak mengerjakan tugas
|
Mengerjakan tugas tetapi asal
saja
|
Mengerjakan tugas tepat tetapi
tidak tepat waktu
|
Mengerjakan tugas cepat dan tepat
waktu
|
Apa ada rpp yg komplit tema keamanan ?
BalasHapus